Macet Itu Indah

Survei PPATK menyebutkan biang kerok utama kemacetan di kota2 besar, seperti jakarta dan surabaya, adalah mobil dan motor. Biang kerok kedua adalah jumlahnya yang kebanyakan!

Semakin banyak saja orang yg punya mobil, mulai yg termurah sampai yg termahal. Dari carry sampai hammer. Dari yg cash sampai yg kreditan.

Motor, lebih gila lagi. Nyaris semua orang kini punya motor, bahkan lebih dari dua.

Lembaga pembiayaan sangat mendukung kegilaan itu. Nyaris setiap bulan ada mobil dan motor model terbaru, dan nyaris semuanya terjual laris di pasaran!

Jutaan orang dimanjakan kenyamanan berkendara mobil dan motor pribadi. hingga semakin banyak orang yg tidak pernah lg merasakan angkutan umum.

Begitu mereka terjebak di kemacetan, semuanya nggrundel, mengeluh bahkan mengumpat!

Sementara lyn2 semakin merana, kehabisan penumpang. Mondar2ir jalanan hanya bawa 2-3 penumpang. Orang2 yg dulu jadi penumpang kini mondar2ir bawa motor atau mobil sendiri.

Tapi masio ngono, sopir2 lyn itu tidak pernah mengeluh meski matahari panas menyengat di tengah2 kemacetan. Mereka sudah terbiasa perpeluh2 mencari penumpang.

Sementara yg naik motor dan mobil pribadi tidak berhenti mengeluh. Bahkan mengumpat para sopir lyn yg berusaha cari penumpang di pinggir jalan.