(Bukan) Siklus Tahunan

Seperti halnya perayaan tahun baru, aku juga gak bisa mengerti kenapa ulang tahun harus dirayakan, seolah-olah ulang tahun adalah prestasi. Ulang tahun jelas bukanlah prestasi, karena ulang tahun adalah keniscayaan bagi orang yang diberi umur oleh Tuhan.

Jika ulang tahun dianggap sebagai prestasi, memangnya upaya apa yg telah dilakukan manusia untuk tetap panjang umur? jaga kesehatan? faktanya banyak orang yang mati muda meskipun ia sehat wal afiat.

Jika ulang tahun dianggap momentum untuk memperbaiki diri, kenapa juga untuk memperbaiki diri harus menunggu satu tahun, yaitu di tanggal kelahiran?

Jika ulang tahun dianggap sebagai tanda tambah umur, maka mestinya tambah umur gak mesti menunggu satu tahun, karena faktanya penambahan umur terjadi setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik. Lalu, apakah kita juga mesti merayakan penambahan umur setiap detik?

Ulang tahun mestinya digunakan sebagai alat untuk mengukur bagaimana seharusnya kita bersyukur kepada Tuhan. Semakin panjang umur (per tahun hingga per detik) itu menunjukkan semakin dibutuhkan ekspresi syukur yang harus lebih dalam dan bermakna, dan bertekad ke depan menjadi lebih baik.

Dan kini, mestinya aku harus bersyukur lebih dalam dengan anugerah itu. Ya, aku telah, akan dan sedang bersyukur. Terima kasih Tuhan. Terima kasih.

Hingga umur segini aku masih tertatih-tatih, belum pintar bersyukur, kecuali sekedar mengucapkan terima kasih, yang anak kecil pun bisa melakukannya.


--------

Jadi,
Mestinya umur tidak perlu terlalu panjang
jika hanya semakin memberikan kesempatan untuk menyakiti orang lain

Mestinya umur tidak perlu terlalu panjang jika hanya semakin memberikan kesempatan untuk menyusahkan orang lain

Bukan juga mestinya terlalu pendek
karena manusia juga butuh kesempatan untuk bisa berbuat baik kepada orang lain

Bukan juga mestinya terlalu pendek
karena manusia juga butuh kesempatan untuk bisa berubah lebih baik

Jadi, 
Tuhan berikan aku umur yang cukup
Cukup untuk berbuat baik
Cukup untuk menyenangkan orang lain
Cukup untuk berguna bagi orang lain