Bhinneka Tunggal Ika

Dalam kerumunan pengacara2 hebat2 ini, kuperhatikan satu per satu gerak2ik mereka. Kuperhatikan apa kira2 kesamaan mereka. Kesimpulanku: tidak ada yg identik!

Hampir semua berkulit coklat, tapi tidak ada yg identik coklat yg sama. Semua punya hidung yg tidak terlalu mancung, tapi nyaris tidak ada yg identik peseknya. Begitu juga mata, pipi, bibir, bulu mata, gigi, telinga, rambut, kumis, jenggot, sampai tai lalat. Tidak ada yg identik.

Beberapa menggunakan pakaian yg sama: jas, kemeja dan batik. Tapi mereka tetap kelihatan berbeda satu sama lain.

Ada yg kurus, ada yg gemuk. Ada yg tinggi, ada yg pendek. Ada yg tegak, ada yg agak bungkuk. Ada berjari lentik, ada yg berjari kekar. Ada yg mulus, ada juga yg keriput.

Gaya bicara juga berbeda2. Ada yg rendah hati, ada yg kalem, ada juga yg marah2. Ada berapi2, ada yg tidak banyak bicara, ada juga yg dominatif.

Di dalam forum, ada yg hanya sekedar duduk mengamati. Ada yg sangat nampak ingin memenangkan salah satu calon, sambil menjatuhkan calon lainnya. Ada yg sekedar nampang, ada juga yg serius ingin membangun. Ada juga yg cuek, malah sibuk memperhatikan orang lain dan menulis.

Ada yg berusaha menenangkan, ada juga yg malah manas2i suasana. Ada yg fasih bicara di depan forum, ada juga masih belajaran. Ada yg langsung to do point, ada yg betele2. Ada yg berbobot, tapi banyak juga yg tidak tidak mutu.

Mereka benar2 berbeda2, tapi begitu waktunya tiba, mereka akan sama semua: sama2 akan mati!!