Nonton Gratisan

Terus terang, aku sering merasa bersalah nonton film2 yg ada di flash disc-ku ini. Karena aku tahu, membuat film itu tidak mudah. Jangankan film, bikin pertunjukan teater (kampus) saja susahnya minta amfun.

Persiapan harus dilakukan setidaknya 3-4 bulan sebelum hari H, mulai dari pemilihan naskah, casting pemain, reading, siapkan kostum dan properti, bikin dan sebar publikasi, dan yg paling menantang: cari dana.

Sukur2 jika itu semua dilakukan oleh banyak orang secara tim. Jika tidak, pemain bisa merangkap jadi sutradara, seksi perlengkapan, konsumsi, sekaligus pengumpul dana.

Di hari H, tidak selalu banyak penonton yg datang. Kadang hanya teman2 dekat, yg sebenarnya datang bukan karena pengen nonton. Hanya sungkan saja.

Setelah pertunjukan selesai, pekerjaan belum selesai. Pemain, bahkan sutradara, masih harus sibuk membongkar set panggung, lighting, kabel, keber, hingga menyapu ruang pertunjukkan.

Tidak ada bayaran, atau pembagian keuntungan. Dapat tepuk tangan, apalgi pujian, sudah senengnya bukan main.



Aku yakin, bikin film itu jauh lebih buerat dari itu. Persiapannya pasti lebih puanjang. Kru-nya pasti buanyak. Budgetnya juga pasti guede, apalagi pemainnya adalah pemain film terkenal macam Liam Nielson, Ben Afflect, Donnie Yen, Mel Gibson, Tom Hank, dan temen2nya itu.

Lha kok ini aku tinggal download. Tanpa bayar sepeser pun. Seperempat peser pun tidak.

Maaf kan aku. Teruslah berkarya wahai para pembuat, pemain, dan kru film2. Janganlah menyerah meski karyamu hanya dihargai dgn kuota internet. Yakinlah, bahwa rejeki sudah ada yg mengatur...

Btw, link Ip Man 3 kok belum keluar ya...

Komentar