Merah Biru Rapot Jokowi

Skala 1-10, aku beri nilai 5,5 saja untuk 4,5 tahun pemerintahan Jokowi. Nilai 5,5 adalah nilai yg cukup buruk untuk sosok yg ketika 2014 yg lalu telah menciptakan ekspektasi tinggi sebagai presiden yg merakyat.
.
Ekspektasi itu sengaja diciptakan oleh Jokowi sendiri dengan harapan memberikan keyakinan pada rakyat untuk memilihnya. Sebanyak2nya. Dan setelah 4,5 tahun ini berjalan, ekspektasi itu justru menjadi sumber kekecewaan beberapa orang pendukungnya, apalagi penolaknya.
.
Jokowi ternyata tak semegah bayangan orang. Dia maksimal hanya di beberapa titik, tapi keteteran di lebih banyak titik yang lain. Jokowi terlihat tidak in charge di berbagai isu yg justru bersentuhan langsung dengan rakyat.
.
Penegakan hukum misalnya. Jokowi seperti tidak pernah hadir dalam isu ini. Kepolisian dan terutama kejaksaan, sering digunakan sebagai alat politik. Polisi lebih reaktif kepada oposisi. Kejaksaan terlihat seperti kantor cabang partai metrotv. Jokowi tak pernah terlihat melakukan sesuatu untuk memperbaiki masalah ini. Beberapa orang menyebut, tidak berdaya.
.
Tentang ekonomi, aku lebih sering menemui dan mendengar orang yg mengeluh daripada yg menikmati. Bertemu dengan pengusaha, direktur, manager, hingga pekerja lapangan; keluhannya nyaris sama: mengeluh.
.
Jokowi sering terlihat kurang presiden dibandingkan beberapa menteri, ketua parpol, dan beberapa orang kuat. Tak berdaya dengan manuver2 mereka. Jokowi sering gelagapan ketika harus dimintai klarifikasi beberapa kebijakan pemerintah yg sepertinya bukan dari Jokowi. Salah satu yg paling kentara adalah kebijakan impor. 
.
Jokowi tentu bisa berlatih keras agar terlihat menguasai seliruh persoalan2 bangsa ketika kampanye dan debat pilpres, tapi nyatanya, aku melihat dia tidak terlalu berdaya di dunia nyata.
.

Tapi tentu ada kelebihan dan kekuatan Jokowi selama 4,5 tahun ini. Berikut 5 kelebihan yg harus diakui ada pada Jokowi:
.
1. Percaya diri
Sebelum dia resmi dilantik jd presiden, saya cukup kuatir dengan penampilan Jokowi di komunitas pemimpin dunia lainnya. Raganya yg kurus, dan wajah ndesonya, aku bayangkan itu akan membuatnya terbanting dengan penampilan prima presiden negara lain.
.
Bahkan sekedar bersanding dengan Sby, aura jokowi benar2 terbanting. Urat2 wajahnya lebih mirip urat kepala desa. Cara berpakaian 11-12 dengan penghulu perkawinan.
.
Aku benar2 tak bisa membayangkan dia akan bersanding dengan Trump, Putin, presiden China, Inggris, Prancis, bahkan dengan presiden Philipina.
.
Ternyata aku keliru. Jokowi tampil begitu percaya diri, dengan aura, gesture, dan pakaian yg benar2 presiden. Ia berjalan beriringan dan sejajar dengan presiden2 dunia. Langkahnya tegap, wajah tegap, dan tatapan tajam.
.
Ketika harus bersandingan dengan presiden dari negara besar sekalipun, dia tetap penuh percaya diri. Sama sekali tak terlihat urat2 ndeso di wajahnya. Senyumnya berkelas. Setiap sesi foto bersama, dia selalu berdiri di posisi startegis. Depan dan tengah. 
.
Dia sangat matching denga jas slim fit andalannya itu. Dasi merah atau biru, tetap membuatnya gagah. Dengan pakaian batik pun, jokowi tetap kelihatan berkelas.
.
Tapi sayang. Penampilan visual itu tidak berbanding lurus dengan penampilan verbal. Penampilan verbal jokowi sangat mengecewakan, dan bahkan: memalukan. Bahkan pada sesi dialog informal pun, jokowi sering harus menggunakan teks bantuan. Itupun dengan spelling inggris yang sangat ndeso dan gratul2.
.
Entah bagaimana jokowi tetap bisa percaya diri secara visual dengan kemampuan verbal seperti itu..
.
2. Iriana dan keluarga
Meskipun nyaris tak pernah berusaha tampil menonjol, Iriana adalah salah satu kekuatan jokowi. Iriana adalah ibu negara yg berkelas. Selalu tampil cantik mendampingi suami dengan elegan.
.
Citra sebagai ibu negara benar2 bisa dijalankan dengan sangat baik oleh Iriana. Tampilan yg sederhana menjadi kekuatan Iriana, yg secara tidak langsung meneguhkan citra suaminya sebagai sosok pemimpin yg sederhana.
.
Iriani tak pernah sekalipun membuat kegaduhan2 yg tidak penting. Nyaris tidak ada pemberitaan negatif tentang Iriana. Ia fokus menjalankan perannya sebagai ibu negara, juga sebagai istri; yang santun, rendah hati, sederhana, dan keibuan.
.
3 orang anak jokowi, 2 orang menantu, dan 2 anak cucu, juga menjadi kekuatan yg tidak dimiliki semua orang. Setidaknya Prabowo.
.
Ketiga anak Jokowi tidak ada yg berkecimpung pada dunia politik dan pemerintahan. 2 anak laki2 bahkan menggeluti bisnis yg jauh dari proyek2 APBN/APBD: martabak dan pisang nuget.
.
Kehadiran Jan Ethes menggenapi aura keluarga bahagia Jokowi. Cucu pertama dari anak pertama itu, sering menyita perhatian media.
.
3. Jalan tol
Harus diakui, jalan tol (dan infrastruktur lainnya) adalah legacy terbesar pemerintahan Jokowi. Jokowi benar2 membuat perubahan besar pada sektor infratruktur jalan, terutama di pulau jawa. Belum genap 5 tahun memerintah, jakarta hingga pasuruan, telah tersambung jalan tol!
.
Para kampret, apalagi para cebong, kulihat sangat menikmati adanya jalan tol itu. Sering kudengar mereka dengan suka ria pergi ke madiun hanya untuk sarapan pecel madiun, lalu langsung balik pulang ke Surabaya.
.
Waktu tempuh Jombang ke Surabaya kini lebih singkat dari pada Ahmad Yani ke Mayjen Sungkono. Orang2 Kertosono pun kini lebih sering jalan2 ke Royal Plaza daripada ke alun2. 
.
Harga2 perumahan di daerah pinggiran melonjak tinggi hanya gara2 kebetulan berlokasi di dekat pintu tol. Nikmat jalan tol akan terus dikenang hingga puluhan tahun ke depan sebagai buah karya Jokowi.
.
4. Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti adalah rekrutan terbaik yang dilakukan Jokowi di jajaran kabinetnya. Susi adalah oase kerinduan terhadap citra Jokowi. Menteri yang benar2 mampu menunjang citra jokowi, dengan style yang otentik, berkarakter, dan berintegritas.
.
Keberanian menenggelamkan kapal pencuri ikan, dan ketegasan pelarangan cantrang: adalah kebijakan Susi yang terbukti membuat maritim indonesia kembali berjaya.
.
Gaya komunikasi yg lugas, dengan suara yg serak, mudah dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak pernah jaim bicara dengan nelayan. Dia bisa petangkringan di warung kopi meninggalkan semua identitasnya sebagai menteri. Bahasa jawanya yg kurang natural, justru menjadi kekuatannya ketika berkomunikasi dengan nelayan.
.
5. Kuis
Yg kepo dengan karakter Jokowi, perlu stalking video kuis2 yg dibawakan Jokowi. Itulah gaya orisinal Jokowi. Kuis yg pertanyaan2nya terasa remeh itu justru sangat efektif menghibur banyak orang. Dengan kuis itu, Jokowi menampilkan kemampuannya melebur dengan rakyat kecil.
.
Pertanyaan nama2 ikan, nama2 makanan, nama2 suku dll; adalah pertanyaan yang menantang bagi kebanyakan rakyat kecil. Melalui kuis itu, rakyat bisa bicara dengan presiden secara langsung, live, spontan, tanpa gimik, tanpa protokoler, dan tanpa batasan apapun. Rasa2nya belum ada presiden di Indonesia yg bisa seperti itu.

Begitu bangganya para peserta kuis bisa bicara langsung dengan presiden seperti itu. Bisa menjawab pertanyaan, dan yang lebih membahagiakan, dapat hadiah sepeda! Jangankan rakyat kecil, Raisa pun girang mendapat hadiah sepeda dari Jokowi.
.

Komentar