Hobi Kok Mengeluh...

Salut buat para pengamat (politik, sepak bola, ekonomi dst) yg bisa bikin analisa2 tajam, dan bahkan bisa bikin prediksi yg sangat akurat.

Aku sering belajar jadi pengamat, tapi selalu gagal. Aku gak bakat jadi pengamat seperti mereka, dan gak punya turunan jadi pengamat.

Jangankan politik, mengamati hidupku sendiri aja sering kali nggak pas. Misalnya: dulu aku mengira akan jadi pengusaha, eh... ternyata jadi karyawan.

*****

Ya, aku pernah jadi pengusaha. Pengusaha kecil2an. Tepatnya, pengusaha kecil2an yg gatot, alias gagal total. Bisnisku bangkrut. Ludes. Ambles. 2 karyawanku aku pecat tanpa pesangon. 1 karyawan lagi aku pecat lalu kukawini.

Tapi dari kegagalan itu-lah aku tau kalo jadi pengusahan itu gak gampang. Di satu sisi harus memburu keuntungan, di sisi yg lain harus memperhatikan kesejahteraan karyawan, dan oprasional produksi.

Tiap hari harus cari pelanggan baru dan peluang yg bisa digarap, sampai2 gak bisa tidur enak. Begitu dapat, ternyata untungnya gak banyak2 amat. Itupun harus dibagi2. Untuk oprasional dan karyawan. Pusing. Mumet.

Kini aku jadi karyawan. Kini aku tahu, jadi karyawan itu ternyata juga gak gampang. Harus bekerja sebaik2nya, meski gaji cuman segitu2 aja.

Setiap hari harus menjalani rutinitas. Pagi berangkat, sore pulang. Begitu terus, dari senin sampai jum'at. Harus disiplin. Kalo gak masuk harus bikin surat. Gak bisa seenaknya.

Masuk kantor kepagian, gak ada yg peduli. Tapi terlambat masuk kantor, semenit saja, bisa jadi masalah.



*****

Karyawan yg tidak pernah merasakan jadi pengusaha, biasanya mengira jadi pengusaha itu gampang. Tinggal surah-suruh anak buah, duduk nyaman di belakang meja, dan harta melimpah. Masuk kantor atau enggak, terserah.

Sebaliknya, pengusaha yg tidak pernah jadi karyawan, biasanya akan semena2. Perintah karyawan seenaknya. Main pecat seenaknya. Karyawan hanya dianggap sebagai mesin produksi, yang hanya butuh gaji UMR.

Dan ternyata, jadi karyawan yg pernah jadi pengusaha itu juga tidak gampang.

Mau mengeluh gaji yg cuman segitu, eh.. jadi inget susahnya jadi pengusaha mengelola keuangan perusahaan. Mau males2an kerja, eh... jadi inget betapa ngenesnya perasaan pengusaha kalo bisnisnya bangkrut. Sakitnya tuh disini (kepala), dan di sini (hati).

----

Memang kalo hobinya mengeluh, jadi apa saja pasti mengeluh...


Komentar

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus

Posting Komentar