Bandara Kurang Indonesia

Bandara soekarno hatta (soetta) memang bandara terbesar dan tersibuk se-indonesia. Terminal 1 dan terminal 2 masing2 punya 3 pintu keberangkatan. Masing2 pintu keberangkatan punya 7 ruang tunggu/boarding.

Jadi, terminal 1 dan terminal 2 punya 42 ruang tunggu! Itu tidak termasuk terminal 3, apalagi nanti ditambah terminal 3 ultimate yg sekarang sudah mulai kelihatan bentuknya.

Tidak hanya besar. Jika dilihat dari atas, bandara ini sangat artistik. Bentuknya seperti kembang kates. Bentuknya 2 setengah lingkaran yg saling berhadapan. Sangat simetris.




Beberapa sudut dihiasi ornamen ukiran khas indonesia, termasuk lampu gantung di bagian depan pintu masuk bandara dan di ruang tunggu serta di beberapa tempat. Lantai dan dinding teracota membuat bandara ini semakin Indonesia.

Meski desainnya sangat Indonesia, perancang bandara ternyata ini bukan orang Indonesia. Orang Indonesia hanya jadi tukang dan kulinya.

Meskipun soetta sendiri juga masih perlu perbaikan sana2i, tapi belum ada bandara2 di Indonesia (yg dibangun oleh orang Indonesia) yang mampu menandingi soetta. 

Memang sih lebih megah dan lebih mewah, juga lebih modern. Tapi sayang, kurang Indonesia!

Komentar