Mitos Jakarta-Surabaya

Surabaya-Jakarta, naik pesawat, cuman 1 jam itu hanya mitos. Begini:

Bandara juanda itu terletak bukan di surabaya, tapi di sidoarjo. Kira2 15km dari perbatasan kota surabaya. Artinya, kalaupun Anda tinggal di perbatasan Surabaya (di bundaran waru maksudnya), jika lancar (tidak macet maksudnya) Anda masih harus menempuh perjalanan selama 20menit menuju bandara.

Tapi kalau Anda tinggal di perbatasan surabaya-gresik (Benowo maksudnya) bisa lama lagi. Paling cepat (kalau gak macet maksudnya) perlu 1jam.

Begitu nyampe di bandara, Anda tidak bisa langsung naik pesawat. Karena naik pesawat tidak seperti naik bis, yg nyampe terminal langsung naik bis. Gak bisa begitu.

Anda harus antri di pintu masuk check in untuk pemeriksaan xray. Terus, Anda harus antri untuk check in dan bayar airport tax. Proses ini, jika Anda beruntung (tidak antri panjang maksudnya) membutuhkan waktu 20menit.

Setelah selesai proses check in, Anda harus menunggu di ruang tunggu boarding. Lagi2 Anda harus di-xray. Jika anda beruntung (tidak delay maksudnya) Anda harus menunggu 20menit di ruang tunggu.

Selanjutnya, anda harus berjalan menuju pesawat. Jika anda beruntung (tidak naik turun tangga dan naik bis maksudnya) Anda membutuhkan waktu 10menit untuk jalan kaki lewat garbarata.

Tiba di pesawat, tidak bisa langsung terbang. Pilot akan menunggu semua penumpang naik, demo safety flight attendants, antre menuju landasan, dan tunggu clearence dari pengawas bandara. Jika lancar (tidak terlalu lama maksudnya), proses ini membutuhkan setidaknya 30menit.

Lalu setibanya di bandara Soeta, Anda masih harus berjalan ke gedung terminal. Dari gedung terminal ke pintu keluar terminal, jika tidak ngapa2in (tidak ambil bagasi dan ngopi maksudnya) Anda membutuhkan waktu 10menit.


Begitu tiba di luar bandara, Anda akan menyadari bahwa Anda belum di Jakarta! karena bandara soeta ternyata bukan di jakarta, tapi di Tangerang.

Untuk ke Jakarta, kalau lancar (tidak macet maksudnya) Anda baru nyampe di Jakarta 20menit. Itupun cuman di jakarta perbatasan (kapuk maksudnya). Kalau mau ke pusat atau barat, apalagi selatan, lebih lama lagi.

Jadi pemirsa, surabaya-jakarta, naik pesawat, paling cepat adalah 3 jam. Bukan 1 jam.

Bisa sih ditempuh 1 jam, asalkan rumah Anda di landasan pesawat juanda, dan hanya pengen ke landasan soekarno-hatta!

Komentar