Menanti Temuan Ilmuwan

Tentu masih banyak teknologi yg masih harus ditemukan para ilmuwan, demi kehidupan manusia yg lebih baik. Diantara yg banyak itu, aku hanya usul satu saja: riting motor otomatis.

Teknologi ini sebenarnya sudah lama ditemukan, dan bahkan sudah diterapkan di mobil. Ketika lampu riting -misalnya riting kanan- dinyalakan, akan otomatis mati ketika setir dibelokkan ke kiri. Begitu juga sebaliknya.


Di motor, teknologi itu belum ditemukan. Padahal teknologi itu akan sangat berguna untuk menekan angka kecelakaan motor di jalanan. Begitu banyak kesalahpahaman, dan kecekalaaan, yg diakibatkan orang lupa matikan lampu riting. Belok kiri, tapi lampu riting menyala kanan. Atau sebaliknya.

Ini sangat berbahaya.

Karena banyaknya dan seringnya yg lupa matikan riting, aku tidak terlalu percaya dgn riting motor. Karena tidak ada yg menjamin apakah orang itu benar2 pengen belok kiri, atau hanya lupa matikan riting.

Riting manual, tangan melambai2, jauh lebih akurat daripada lampu riting. Kalau ada tangan melambai ke kiri, pasti akan belok ke kiri. Begitu juga sebaliknya. Tidak mungkin terbalik.

Ilmuwan memang belum bisa mengalahkan kecanggihan riting melambai.

Komentar