Mama Tidak Ada Duanya

Siapa yg akan jadi orang tua, tak pernah bisa kita untuk memilih. Sama, orang tua juga tak pernah bisa memilih siapa yg akan jadi anak. Tuhan tidak akan berdemokrasi dgn manusia tentang hal ini.

Tapi sepenuhnya bapak bersyukur, kamu yg dipilih tuhan untuk jadi anakku. Sungguh.

Kau tahu, bapak masih sering merasa takjub melihat kamu bisa tumbuh seperti sekarang ini. 

Dulu kamu tidak ada, sekarang kau nyata. Dulu kau hanya bisa terbaring, kini kau bisa melaju kencang bersepeda. Dulu kau hanya bisa menangis, sekarang kau bisa tertawa terbahak2. Dulu kau hanya bisa makan bubur, sekarang rawon pun kau lahap.

Emejing.




Btw, kamu jg beruntung loh punya orang tua seperti bapak. Lebih beruntung lagi kau punya mama seperti mama.

Mama-mu itu hebat. Kamu beruntung punya mama seperti dia, seperti bapak yg beruntung punya istri seperti mama.  Mangkere-nya, kapatuli-nya, dan pare are-nya mama; tidak ada duanya.

Selain unik, dia itu multifungsi.

Selain sebagai mama, dia adalah sahabat-mu yg siap mendengar semua suka dan duka-mu tanpa tendensi, apalagi dengki. 

Dia juga adalah guru-mu yg siap mengajarmu tentang pelajaran sekolah. Pelajaran apapun yg kamu butuhkan. Kecuali bahasa jawa. Dengan metodenya sendiri: dia baca, kau tinggal mendengar.

Dia juga adalah dokter-mu, yg siap mengobatimu dgn pengobatan alternatif dan ramuan2 herbal andalannya: sayur bening dan bubur hangat.

Dia juga adalah pelindung-mu, yg siap begadang menjagamu dari apapun. Misalnya: serangan nyamuk. Dia benar2 tidak tenang jika ada nyamuk di sekitarmu ketika kau tidur, apalagi sampai menggigit. Dia bisa menerjang dan melompat tengah malam, hanya untuk mengejar nyamuk2 itu.

Dia juga adalah koki-mu. Hanya dia-lah yg paling jago memasak masakan kesukaanmu: sop ceker. Tidak ada satu-pun restoran di dunia ini yg bisa membuat sop ceker yg cocok dgn lidahmu.

Dia juga adalah lawyer-mu, yg tanpa perlu surat kuasa, bertindak untuk dan atas namamu untuk mengajukan gugatan atau eksepsi kepada siapapun yg dianggapnya tidak adil padamu. Misalnya, kepada gurumu yg salah kasih nilai pada lembar ujianmu.

Dia juga bisa jadi badut-mu, yg siap melakukan hal2 konyol sekedar untuk membuatmu tertawa terbahak2.

Bapak? Bapak hanya bapak yg biasa2 saja. Tapi, bapak-lah yg menemukan mama-mu...


Komentar