Pahala dan Mario Bros

Meeting terpaksa harus dihentikan karena waktu mengharuskan untuk segera ambil wudlu untuk berangkat jum’atan. Suara adzan telah terdengar nyaring dari sebuah masjid di lorong ujung gang sana. Setelah jum’atan, mungkin saja meeting akan dilanjutkan lagi karena ada beberapa hal yang belum selesai dibahas.
.
Terik panas, sedikit sekali angin yang berhembus. Kulit terasa kering meski barusan terkena air wudlu. Beberapa teman nampak telah berlalu mendahuluiku menuju masjid.
.
Apa kira-kira ceramah hari ini?
.
Masjid telah ramai, beberapa berjalan menuju tangga lantai atas masjid meski di bawah nampak beberapa tempat yang kosong. Kulihat di saf ketiga ada ruang kosong, aku langsung menuju ke sana. Sang Khatib barus saja naik mimbar dengan setelan jas abu-abu dan kain serban hijau.
.
Seperti sebelumnya, Sang Khatib mengajak para jamaah untuk selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan, karena itulah esensi kenapa manusia diciptakan. Sampai sini aku masih bisa focus menyimak dan mencoba menghayati isi ceramah Sang Khatib.
.
Begitu Sang Khatib mengajak agar para jamaah untuk selalu meningkatkan ibadah agar mendapat pahala sebanyak-banyaknya, entah kenapa pikiranku melayang. Tiba-tiba terbayang masa kecilku dulu, yang keranjingan game Nintendo. Game yang paling sering aku mainkan adalah Super Mario Bros.
.
Mario (dan Luigi) diberikan tugas untuk menyelamatkan sang Putri yang disandera oleh Raja Kopa, seekor buaya (atau naga?) yang jahat di sebuah istananya yang tersembunyi. Dalam perjalanannya, Mario harus menghadapi rintangan dan hadangan dari para anak buah Raja Kopa. Beberapa jebakan-jebakan tersembunyi juga harus dilewati Mario.
.
Namun dalam perjalanannya itu pula, Mario juga harus mengumpulkan banyak 'sangu', agar bisa mencapai sang Putri, yakni berupa poin-poin.
.
Poin tambahan dapat diperoleh dari koin berupa uang logam yang banyak tersebar, baik yang tersembunyi maupun yang terlihat. Semakin banyak koin yang dikumpulkan, maka akan mendapat banyak poin, dan akhirnya dapat dikonversi menjadi bonus. Bahkan dalam kelipatan seratus, akan mendapat bonus 1 nyawa.
.
Poin tambahan diperoleh apabila kita berhasil mematikan musuh, baik dengan cara diinjak, di dorong atau ditembak. Semakin banyak mematikan musuh, semakin banyak pula bonus yang akan didapat.
.
Bantuan-bantuan juga perlu dikumpulkan untuk mempermudah perjalanan. Bantuan jamur dapat menjadikan Mario bertubuh besar, bunga membuat Mario dapat menembak mati musuk dan bintang dapat menjadikan Mario menjadi kebal.
.
Begitulah hidup si Mario, untuk mencapai sang Putri dia diharuskan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Berbagai cara bisa dia lakukan untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya, termasuk dengan membunuh.
.
Apakah hidup ini juga harus seperti Mario? Melaksanakan ibadah hanya untuk mendapatkan poin (pahala) sebanyak-banyaknya.
.
Apakah ibadah selalu berujung pada didapatnya pahala?
.
Apakah tujuan hidup manusia adalah mendapat pahala sebanyak-banyaknya ?
.
Sayang dalam Jum'atan tidak ada sesi tanya jawab.
.
Sesampai di kantor, meeting dilanjutkan kembali. Pak bos kembali memberikan tugas baru, meski tugas yang minggu kemarin belum selesai kukerjakan.
.

Komentar