Ayo cek oli

Meskipun tidak terlalu persis, sepeda motor itu seperti tubuh manusia. Setiap bagian2 motor berfungsi seperti organ tubuh, punya fungsi sendiri agar mesin motor bisa tetap hidup dan bisa dikendarai.

Seperti tubuh manusia, motor juga tidak hanya butuh makan. Motor membutuhkan perawatan yg baik dan rutin. Misalnya ini: oli.

Oli bagi mesin motor itu seperti darah pada manusia. Ya, memang nggak terlalu mirip sih. Tapi oli dan darah sama2 punya fungsi yg sangat vital.

Banyak yg menyepelekan fungsi oli ini. Dianggapnya bisa pakai oli sembarangan, dan gak pernah diganti. Yang paling parah adalah: tidak pernah dicek karena menganggap oli tidak akan bisa habis.

Ini salah besar!

Jika digunakan terlalu lama, oli juga bisa menguap. Dan akhirnya bisa juga habis. Jika oli sampai habis, maka mesin akan bekerja tanpa pelumas. Akibatnya, mesin akan tergerus karena terus bergesek2an tanpa pelumas, dan akhirnya rontok.

Kalau sudah rontok begini, tidak ada yg bisa dilakukan. Berdoa pun rasa2nya percuma. Yg bisa dilakukan hanya ini: turun mesin!

Kalau sudah turun mesin, gak mungkin cuma menurunkan mesin lalu dinaikkan lagi. Pasti ada spare part yg harus diganti. Gak mungkin cuman satu. Dua, lebih. Lima juga lebih. Ya...paling tidak tujuh.

Kalau sudah begini, penyesalan menjadi sia2. Di saat itulah baru sadar bahwa cek oli itu sangat penting!

Komentar