Akal2an-nya Akal

Manusia punya kelebihan yg tidak dipunyai binatang, apalagi tumbuhan, yaitu : akal.

Dengan akal, manusia bisa membuat kapal dan bangunan segede gambreng. Dengan akal juga, manusia bisa mendarat di bulan, membelah benua, bahkan membendung lautan.

Tapi sayang, dengan akal juga, keburukan manusia kini semakin canggih. Mulai dari keburukan yg selepe, eh...sepele, hingga keburukan yg paling bengis sekalipun.



Sangking canggihnya akal, hampir semua keburukan bisa dibuatkan alasan pembenaran-nya. Hingga keburukan bisa terdengar seperempat baik, lalu setengah baik, tiga perempat baik, hingga akhirnya jadi baik sepenuhnya.

Mangkanya, semakin jarang pelaku keburukan yg menyesali perbuatannya. Dengan akalnya, mereka bisa merasionalkan keburukannya sebagai hal yg biasa, bahkan sebaliknya, jadi hal yg mulia.

Manusia secara naluri memang begitu, punya kecenderungan untuk tidak mau disalahkan, meskipun sebenarnya hati kecilnya tau kalau dia salah. Di situ akal mulai digunakan.

Mulai-lah dia akan merancang alibi, meng-kreasi alasan, hingga merekayasa bukti. Dan kalau udah kepepet, sewa pengacara!

Pengacara memang dekat dengan kebutuhan untuk cari2 pembenaran. Inilah profesi yg dituntut untuk bisa meringankan keburukan. Kalau perlu, merubah keburukan jadi kebaikan.

Semoga tuhan mengampuni manusia. Dan pengacara!

Komentar