Wisata Di Bandara

Setelah sekian lama, akhirnya Bandara Internasional Lombok diresmikan dan dioperasikan. Bandara ini dibangun di kawasan baru di Lombok Tengah, diharapkan dapat memacu potensi pariwisata di Lombok Tengah dan Lombok Timur, yang selama ini terkendala karena faktor infrastruktur yang kurang memadai.

Meskipun telah diresmikan, beberapa bagian bangunan masih nampak belum sempurna. Beberapa orang masih nampak melakukan beberapa parbaikan di sana sini. Lantai terlihat kurang mengkilat.



Bentuk bangunan dan fasilitas aku pikir standar saja, tidak ada yang istimewa dengan bandara ini.

Tiba di pintu kedatangan, ada perasaan yang sedikit ganjil. Keramaian di depan pintu kedatangan adalah hal biasa di bandara manapun, tapi di sini terjadi keramaian yang lebih dari biasa. Sangat ramai dan dengan sorot pandangan mata yang tajam.

Mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, remaja, anak-anak hingga kakek nenek berkerumun di depan pintu kedatangan menatap setiap penumpang yang baru saja mendarat. Awalnya aku pikir mereka sedang menanti atau menjemput saudara. Tapi setelah kuperhatikan beberapa saat, mereka tidak sedang menanti siapapun. Mereka hanya menonton!

Di bagian depan bandara, lebih ramai lagi. Jauh lebih ramai. Beberapa orang ‘berserakan’ di setiap sudut bandara, dengan bekal makanan dan tikar yang nampaknya mereka bawa dari rumah. Bandara terasa sangat riuh dan meriah dengan kehadiran mereka.

Beberapa pedagang asongan berlalu lalang menawarkan minuman dan makanan kecil. Seorang petugas bandara berperawakan kurus nampak membeli minuman dingin dari pedagang asongan itu.

Tidak jauh dari situ puluhan orang sedang berpanas-panas di pagar kawat landas pacu bandara sedang menyaksikan pesawat yang baru saja terbang. Beberapa anak kecil bertepuk tangan kegirangan setiap kali melihat pesawat lepas landas.

Bagi mereka Bandara Internasional Lombok bukanlah infrastruktur pariwisata, tapi tempat wisata!!

Selamat berwisata saudaraku.



Komentar