Most Valuable Pluser

Sebagai sosmed baru, G+ memang belum bisa menandingi FB atau twitter untuk urusan jumlah pemilik akun. Tapi sebagai anak kandung google, G+ jelas punya potensi besar menjadi rival tangguh buat sosmed lainnya. Hati-hati!

Saat ini ada akunku terhubung deengan 511 pluser. Hampir 90%-nya aktif mengirimkan posting2 dan masuk di stream. Diantara 90% dari 511 tersebut, ada 9 plusser yang layak untuk diberikan gelar MVP (Most Valuable Pluser), karena konten posting-nya yang edukatif dan menghibur.

Berikut peraih gelar 9 MVP (Most Valuable Pluser) sesuai urutan :
1.        +Jarar Siahaan
Dalam profilnya, +Jarar Siahaan memperkenalkan diri sebagai wartawan dari Balige kota kecil di tepi Danau Toba, Kabupaten Toba Samosir.

Kadang saya curiga, +Jarar Siahaan adalah agen G+ untuk mempengaruhi plusser lainnya untuk ikut menjaga image G+. Beberapa postingnya, mengajak plusser untuk menjadi plusser yang cerdas dan beritikad.

Misalnya, dia membuat gerakan anti bahasa alay dalam G+. Saat ini telah ratusan orang tergabung gerakan anti bahasa alay. Efeknya lumayan, bahasa alay perlahan tapi pasti sudah punah di G+.

Selain anti bahasa alay, +Jarar Siahaan juga anti status galau.

Di beberapa kesempatan, dia juga mendorong plusser untuk mengedepankan itikad dalam ber-sosmed, diantaranya untuk menggunakan bahasa yang baik dan sopan, serta menghormati karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya.

Saat ini, +Jarar Siahaan terhubung dengan 3396 plusser.

2.        +Pujiono Js
Tidak ada informasi mengenai pribadi +Pujiono Js. Tidak ada penjelasan juga apa kepanjangan ‘Js’ di belakang nama akunnya itu. Mungkin Juragan Semen, ato Jual Soto, ato Jin Sumpek, ato Jaran Sumbawa, ato ......

Tapi dari posting2 yg dikirimnya, saya bisa menyimpulkan bahwa +Pujiono Js memiliki selera posting yang di atas rata2. Nyaris tidak ada posting yg tidak penting dan galau. Tautan-tautannya jug berkualitas dan informative.

Tidak jarang di mengirim posting yg inspiring, ada juga yang membuat ngakak.

Saat ini, +Pujiono Js terhubung dengan 3225 plusser.

3.        +Nukman Luthfie
Dilihat dari profilnya, +Nukman Luthfie kelihatannya bukan orang ecek2 di dunia maya. Dia bekerja sebagai konsultan bisnis online dan beberapa pekerjaan yang berkaitan langsung dengan internet.

Selain aktif sebagai pluser, dia juga seorang blogger. Kebanyakan postingan-nya adalah tautan dari blog-blog yang dia tulis. Kebanyakan tulisan2nya adalah sudut pandangnya terhadap banyak hal yg dihadapi banyak orang, misalnya : tentang bakar kapal, memulai bisnis dengan gagasan, blogger bagai jutaan matahari, dst.

+Nukman Luthfie juga memiliki insting fotografi yang ciamik. Dia kerap memprosting foto2 karyanya. Foto yang menarik perhatian, salah satunya adalah foto 2 ekor lalat yg sedang bercinta di atas daun berembun. Romantis!

Saat ini, +Nukman Luthfie terhubung dengan 5787 pluser.

4.        +Amanda Kaskus
Dari namanya, nampak dia adalah seorang kaskuser. Dari namanya juga, nampaknya dia adalah perempuan.

Postingannya sangat menghibur, tanpa banyak berkata-kata. Kebanyakan adalah gambar-gambar konyol yg memancing orang untuk ikut berkomentar. Apalagi posting gif-nya, yang pasti membuat orang bisa terkakak-kakak.

Mungkin saja gambar-gambar itu bukan karya +Amanda Kaskus, tapi menemukan gambar2 itu dan membaginya di G+ juga patut diapresiasi.

Saat ini, +Amanda Kaskus terhubung dengan 10826 pluser.

5.        +Annisa Almuchsinum
Sepertinya +Annisa Almuchsinum adalah seorang aktivis sebuah pergerakan Islam yg tidak disenangi oleh FPI dan organisasi garis keras lainnya. Di saat FPI teriak2 untuk jadi Islam yang kaffah, +Annisa Almuchsinum malah asik bergaul dengan orang2 islam liberal. He..he..

Sebagai seorang aktivis, dia nyaris tidak menggunakan G+ untuk propaganda isu-isu tentang kelompoknya. Sebaliknya, posting2nya berisi tentang guyonan2 sederhana yg menggelitik.

Saat ini, +Annisa Almuchsinum terhubung dengan 846 pluser.

6.        +Lukman Azis
+Lukman Azis adalah seorang blogger yang selalu memberi semangat kepada blogger lainnya atau kepada calon blogger atau kepada mantan blogger untuk terus tetap menjadi seorang blogger.

Kebanyakan tautannya adalah tentang motivasi untuk menjadi blogger. Sebagian diantaranya justru menyemangati dirinya sendiri. Anyway, it’s good!

Konsistensi itulah yang memberikan kesan bahwa +Lukman Azis adalah plusser yg berkarakter, plusser yg blogger.

Saat ini, +Lukman Azis terhubung dengan 4556 pluser.

7.        +Elly Ermawati
Perempuan dari Cikarang timur ini adalah pluser yg banyak warna. Dia tidak mengungkung dirinya pada karakter tertentu. Namun itu tidak membuat +Elly Ermawati untuk lepas kendali dalam menyajikan asal posting. Dia memiliki selera dan idealism yg tinggi.

Ada beberapa foto keren yang dia kirim, dengan tidak lupa menyebutkan sumbernya. Beberapa diantaranya foto2 tentang keindahan alam dan bertemakan sosial.

Dia juga beberapa kali mem-posting materi2 dialog humor yang konyol.

“Tanpa lo, nggak mungkin ada love!” begitu katanya.

Saat ini, +Elly Ermawati terhubung dengan 4143 pluser.

8.        +Asep Nurdin
Plusser yang satu ini adalah plusser yang sangat konsisten dan menarik perhatian. Hampir semua posting2nya sepi komentar, tapi dia tetep ngotot menciptakan karakternya sebagai pemberi informasi lowongan pekerjaan.

Hampir 100% postingnya adalah tentang lowongan pekerjaan. Sejauh ini aku belum pernah dengar complain tentang otentisitas posting yang dikirim +Asep Nurdin ini.

Tapi sayang, +Asep Nurdin tidak memberikan informasi sama sekali tentang siapa dirinya. Mungkin dia orang yang rendah hati. Tapi dengan tidak adanya informasi itu, bs saja orang berfikir ini +Asep Nurdin dan postingnya adalah hoax.

Saat ini, +Asep Nurdin terhubung dengan 721pluser.

9.        +Panji Koming
Sebenarnya tidak fair membandingkan akun +Panji Koming dengan akun2 lain, karena +Panji Koming adalah official google+ account. Namun sebagai akun, +Panji Koming tetaplah sebuah akun yang jg menghiasi stream.

+Panji Koming menyajikan cuilan2 komik yang berisi tentang dialog2 jelata tentang kondisi factual di negeri ini.

Beberapa terasa getir, sebagian lainnya membuat termenung, sebagian lainnya membuat tertawa terbirit-birit (lari terbahak-bahak?).

Saat ini, +Panji Koming terhubung dengan 2005 pluser.

Demikian, keputusan juri tidak bisa diganggu, apalagi digugat. Selamat buat para MVP!

Komentar