Masjid Atap Mall

Namanya masjid Nurul Iman. Masjid itu diklaim sebagai masjid mall terluas di Indonesia. Mungkin juga sedunia. Luasnya mencapai 3000meter persegi! Letaknya: di lantai 7, lantai paling atas alias atap mall: Blok M Square.



Membangun masjid di atap mall adalah ide yg cerdas, karena kebanyakan mall hanya punya musholah seuprit, itupun berdampingan dengan jamban (baca: ini). Bukan cuma mall, bandara atau gedung2 perkantoran juga banyak yg begitu.

Selain cerdas, meletakkan masjid diatas mall, juga punya makna simbolik yg dalam, bahwa urusan akhirat di atas urusan duniawi. Kira2 begitu makna filosofisnya.

Sebagai masjid mall, masjid ini telah memenuhi standar masjid pada umumnya. Mimbarnya, sajadahnya, tempat wudhu-nya, penyimpanan sandal-nya, hingga sound system-nya. Bahkan masjid ini punya yg tidak dipunya masjid2 kebanyakan, yaitu: (miniatur) ka'bah!

Pengunjung masjid itu ternyata lumayan banyak, lebih banyak dari yg kubayangkan. Mereka adalah para pengunjung mall yg menyempatkan sholat di masjid ini. Bukan sebaliknya. Kecuali para marbot yg sepertinya memang tinggal di lingkungan masjid itu.

Masjid itu seperti sedang membuktikan satu hal, bahwa sholat dan shopping tidak saling menggugurkan.


Komentar